5 Cara Mudah Menganalisis Pasar Konsumen

Secara sederhana, pasar konsumen adalah kumpulan orang-orang yang membeli produk untuk penggunaan pribadi.  Pasar konsumen terdiri dari orang-orang pengguna terakhir dan tidak menjual kembali produk atau layanan.

Pasar konsumen sangat berbeda dengan pasar bisnis dari segi strategi pemasarannya. Biasanya pelaku bisnis mengelompokkan pasar konsumen berdasarkan karakteristik tertentu. 

Analisis pasar konsumen tentunya memiliki banyak manfaat untuk bisnis bila dilakukan. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mudah agar Anda dapat menganalisis pasar. Sebelumnya, ada baiknya Anda memahami pentingnya melakukan analisis pasar terlebih dahulu.

Mengapa Harus Melakukan Analisis Pasar Konsumen? 

Konsumen yang tersebar di berbagai bagian daerah sangat bervariasi. Mulai dari hal umur, pendapatan, pendidikan, dan preferensi. Perbedaan tersebut menghasilkan kebutuhan yang berbeda-beda pula pada setiap individunya. Pelaku bisnis sebagai produsen, perlu memenuhi kebutuhan konsumen untuk memenangkan peruntungan. 

Melalui analisis pasar pelaku bisnis dapat menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dikembangkan.Dengan menganalisis pasar, pelaku usaha bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang dibutuhkan oleh konsumen tersebut.

Analisis pasar membuat pelatuk usaha paham akan kondisi konsumennya. Pengetahuan dan pemahaman atas pasar konsumen sangat dibutuhkan untuk menentukan marketing concept. Hasil analisis sangat membantu dalam hal pengambilan keputusan agar tetap efektif dan efisien. 

Secara keseluruhan, analisis pasar konsumen menjadi penting agar dapat mengetahui kebutuhan konsumen, sebagai acuan untuk merancang strategi marketing, serta sebagai acuan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Kaitan dengan Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah bagaimana pelanggan Anda bertindak dalam proses bertransaksi. Ini dapat mencakup sejak proses awal konsumen mengenal produk, seperti menanyakan spesifikasi produk dan bagaimana cara penggunaannya. Perilaku ini juga mencakup respon setelah bertransaksi seperti memberikan testimoni, ataupun saat mereka membagikan pengalamannya di media sosial.

Seperti hal nya pasar konsumen, perilaku konsumen juga harus dipelajari. Analisis perilaku konsumen dapat meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana konsumen terlibat dengan bisnis. Juga dapat membantu merencanakan strategi baru untuk mempromosikan produk.

Analisis pasar dan perilaku konsumen akan sangat membantu pelaku bisnis merancang strategi marketing lebih spesifik, mengambil keputusan lebih efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan omzet.

Manfaat Analisis Pasar Konsumen

Singkatnya manfaat menganalisis pasar konsumen memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Membantu melihat peluang
  • Membantu merancang produk ataupun strategi yang tepat
  • Memudahkan dalam mendapat konsumen
  • Mengetahui keadaan pasar dan mengetahui kompetitor
  • Meningkatkan keuntungan

Cara Menganalisis Pasar Konsumen

Berikut lima langkah mudah menganalisis pasar konsumen yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis:

Menentukan Pasar yang Relevan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menganalisis pasar adalah memahami pasar yang dimiliki bisnis terlebih dahulu. Anda dapat memulainya dengan menganalisis produk apa yang paling diminati oleh konsumen dalam bisnis Anda.

Melalui analisis tersebut Anda dapat menggambarkan apa yang dibutuhkan konsumen dan produk apa yang dipilihnya. Utamakan memahami segala kebutuhan dan keperluan yang diperlukan konsumen, agar Anda dapat memenuhinya menggunakan produk bisnis Anda. 

Menganalisis Permintaan Primer

Utamakan menganalisis permintaan primer, menjadi langkah yang tepat setelah menetapkan pasar yang relevan. Permintaan primer ini salah satunya mencakup permintaan level kelas produk yang ada dipasaran.

Melalui langkah ini pelaku bisnis harus bisa menggambarkan dan mendefinisikan karakteristik pembeli. Mulai dari siapa pembelinya, daya beli segmentasinya, alasan membeli produk, dan sebagainya.

Menganalisis Permintaan Selektif

Setelah melakukan analisis terhadap permintaan primer, penting untuk menganalisis permintaan selektif. Permintaan selektif adalah permintaan terhadap suatu produk yang spesifik. Langkah ini nanti akan memberikan gambaran mengapa konsumen meminta produk tersebut dan hal relevan lainnya.

Langkah ini juga akan menuntun pelaku bisnis menemukan komparasi produknya dengan produk yang diminta oleh konsumen. Ini dapat membantu dalam inovasi produk dan strategi promosi. 

Menetapkan Target Segmen Pasar

Langkah selanjutnya setelah melakukan tiga langkah pertama adalah menentukan target pasar. Pelaku bisnis harus bisa mengelompokkan berbagi konsumen dan target pasarnya ke dalam beberapa segmen.

Segmen tersebut merupakan pengelompokan konsumen pada suatu karakteristik. Karakteristik  tersebut diantaranya:

  • Demografi: pengelompokkan konsumen berdasarkan usia, pendapatan, latar belakang sosial dan ekonomi, jenis kelamin, ukuran keluarga, suku, agama, tingkat pendudukan, kelas sosial, jenis pekerjaan. 
  • Psikografi: karakteristik psikografi berdasarkan minat, pendapat, sikap, dan aktivitas konsumen.
  • Behavioristik: ini menyangkut sikap konsumen terhadap produk maupun strategi yang diterapkan, seperti bagaimana respon konsumen terhadap penawaran, dan tingkat loyalitas konsumen.
  • Geografi: segmen ini dibentuk melalui lokasi konsumen dan dimana mereka berada. Apakah di wilayah perkotaan atau pedesaan, dan sebagainya.

Sebaiknya segmentasi yang ditetapkan mudah dijangkau agara promosi dan pemasaran produk dapat berjalan efektif. 

Menganalisis Kompetitor dan Menilai Persaingan

Langkah terakhir dan tak kalah penting adalah menganalisis kompetitor bisnis. Hasilnya dapat Anda gunakan untuk membandingkan produk miliki bisnis Anda dengan kompetitor. Dengan Produk yang sama, sekiranya produk mana yang akan lebih menarik perhatian konsumen. Atau anda dapat membuat produk dengan inovasi yang lebih menjual ketimbang kompetitor.

Melalui analisis tersebut Anda dapat menarik konsumen baru dan meraih keuntungan lebih untuk bisnis.

Berbagai bisnis dan bermacam tawaran produk memenuhi pasar. Dari itu, sangat penting bagi pelaku bisnis untuk melakukan analisis guna menentukan strategi bisnis yang tepat dan mendatangkan pelanggan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top